Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Perbankan

Main Article Content

Susilawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Good Corporate Governance (GCG) terhadap nilai perusahaan. Ukuran perusahaan, leverage dan profitabilitas digunakan sebagai variabel kontrol. Pengujian dilakukan pada 32 perusahaan sektor perbankan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia selama periode 2015-2017 dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa GCG berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, tetapi pengungkapan CSR tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.  Leverage dan profiabilitas sebagai variabel kontrol berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan ukuran perusahaan tidak mempengaruhi nilai perusahaan. Hasil penelitian ini memberikan implikasi bahwa tata kelola perusahaan yang baik  berperan dalam menciptakan peningkatan nilai perusahaan.   Di sisi lain kepedulian dan keterlibatan perusahaan dalam investasi sosial seperti CSR akan memberikan legitimasi perusahaan dalam beroperasi sehingga dapat memperoleh dukungan stakeholder untuk menjamin kelangsungan hidup perusahaan dalam jangka panjang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Susilawati. (2019). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Perbankan. Akurasi : Jurnal Studi Akuntansi Dan Keuangan, 2(1), 31 - 46. https://doi.org/10.29303/akurasi.v2i1.13
Section
Articles

References

Azheri, Busyra. 2012. Corporate Social Responsibility. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Buol Ronny adolof, 2014. “Dibawa lari, kemana sisa uang 4 miliar Milik BNI Manado”. www.kompas.com. Di download tanggal 4 april 2018 jam 03:06 AM.
Debby, J.F. Mukhtaruddin, Emylia, Y. Dewa, S. Abukosim. 2014. Good Corporate Governance, Company’s Characteristics and Firm Value: Empirical Study of Listed Banking on Indonesian Stock Exchange. GSTF Journal on Business Review, 3 (4), 81-87.
Ernawati, Dewi. Dini, Widyawati. 2015. Pengaruh Profitabilitas, Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, 4 (4).
Fenandar Gany Ibrahim. Surya Raharja. 2012. Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan, Diponegoro Journal of Accounting, 1 (2), 1-10.
Fiadicha, F. Rahmawati, Hanny.Y. 2016. Pengaruh Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility Dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Manajerial, 1 (1), 22-45.
Fitri, Riana, A. Eliada, Herwiyanti. 2013. Pengaruh Corporate Social Responsibility Dan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan. Universitas Jenderal Soedirman.
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivaret dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hamdani. 2016. Good Corporate Governance Tinjauan Etika Dalam Praktik Bisnis. Mitra Wacana Media: Jakarta.
Horne, James, C.V. John, M.Wachowiz,Jr. 2012. Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Jensen, M.C. W.H. Meckling. 1976. Theory of The Firm: Managerial Behavior, Agency Cost and Ownership Structure. Journal of Financial Economics, 3 (4), 305-360.
Kebon, Sang, M, A, M. I, Ketut, S. 2017. Pengaruh Good Corporate Governance Dan Investment Opportunity Set Pada Nilai Perusahaan Di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 20 (2), 1534-1563.
Kusumaningtyas, Titah, K. Andayani. 2015. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Yang Terdaftar Pada Indeks Sri-Kehati. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, 4 (7).
Lisyanti, S.E. Catur, Fatchu, U. 2017. Pengaruh Kinerja Keuangan, Corporate Social Responsibility Dan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015. Universitas Riau Kepulauan.
Mardikanto, Totok, 2014. Tanggung jawab Sosial Korporasi. Bandung: Alfabeta.
Martono, Nanang. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif : Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Melani, Silistia dan Wahidahwati. 2017. Pengaruh GCG dan CSR terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai variabel moderating. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
Nurcholis, Septian, 2013 Pengaruh Corporate Sosial Responsibility Disclosure Terhadap Nilai Perusahaan Perbankan.Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.
Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 55 /POJK.03/2016 Tentang Penerapan Tata Kelola Bagi Bank Umum.
Prasetyorini, Bhekti, Fitri. 2013. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Price Earning Ratio Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Imu Manajemen, 1 (1), 183-196
Pujana, Gede, A, W. 2016. Pengaruh Good corporate governance dan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel mediasi (studi empiris pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2014). Tesis. Universitas Arilangga Surabaya.
Rahmawati, Amalia, D. Topowijono. Sri S. 2015. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Struktur Modal, Dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Sektor Properti, Real Estate, Dan Building Construction Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2010-2013). Jurnal Administrasi Bisnis, 23 (2), 1-7.
Retno, R, D. Denies, Priantinah. 2012. Pengaruh Good Corporate Governance Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2010). Jurnal Nominal, 1 (1), 84-103.
Sam’ani. 2008. Pengaruh Good Corporate Governance Dan Leverage Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Tahun 2004 – 2007. Tesis. Universitas Diponegoro Semarang.
Sari, Roosiana, A, I. Maswar, Patuh, P. 2016. Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Size, Dan Growth Opportunity Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 5 (10), 5-7.
Stacia, Evelyn. Juniarti. 2015. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Di Sektor Pertambangan. Business Accounting Review,3 (2), 81-90.
Suchman, Mark, C. 1995. Managing Legitimacy: Strategic and Institusional Approaches. Academy of Management Review, 20 (3), 571-610.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung:Alfabeta.

Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 13 /SE.OJK.03/2017 Tentang Penerapan Tata Kelola Bagi Bank Umum.
Tjandra Aditia. 2018. “Kasus pembobolan bank , gaya hidup jadi faktor pendorong”. https://kriminologi.id. Di download tanggal 4 april 2018 jam 02:30 AM.
Tjipto, Elsa, P. Juniarti. 2017. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Property And Real Estate. Business Accounting Review, 4 (1), 24-36.
Www.idx.co.id (Diakses 8 April 2018
(www.globalreporting.org)
Ycharts. 2018. Bank Mandiri (Persero) price to book value”. https://ycharts.com. Di download tanggal 16 Maret 2018 jam 10:15 AM.
Abstract viewed = 2442 times
PDF downloaded = 2616 times