Studi Deskriptif Opportunistic Behavior Dalam Pengelolaan Keuangan Desa

Main Article Content

Erna Supiani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengelolaan keuangan desa dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban dan mendeskripsikan pola perilaku oportunistik yang berpotensi terjadi dalam pengelolaan keuangan desa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tanya jawab secara langsung kepada informan penelitian, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pengelolaan keuangan desa dalam tahap perencanaan selalu melibatkan masyarakat. Namun demikian, perilaku oportunistik seringkali terjadi pada tahap pelaksanaan yang tidak sejalan dengan yang direncanakan dan pelaporan pengelolaan keuangan desa yang tidak sesuai dengan kegiatan yang dilaksanakan karena diindikasikan terjadi mark-up nilai anggaran dari yang seharusnya. Manipulasi laporan keuangan diindikasikan juga terjadi pada tahap pelaporan dan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan desa.

Article Details

How to Cite
Supiani, E. (2020). Studi Deskriptif Opportunistic Behavior Dalam Pengelolaan Keuangan Desa. Akurasi : Jurnal Studi Akuntansi Dan Keuangan, 3(1), 69 - 80. https://doi.org/10.29303/akurasi.v3i1.19
Section
Articles

References

Ali. 2010. Perilaku Oportunistik Creativ Accounting Dan Upaya Menginternalisasi Nilai Etika: Suatu Kajian Psikologi. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, Vol. 1 No. 1 April 2010: 75-97.
Astusi dan Yulianto. 2016. Good Governance Pengelolaan Keuangan Desa Menyongsong Berlakunya Undang-Undang No. 6 Tahun 2014. Jurnal. Vol. 1 No. 1 2016: 1-14
Bunga dan Aswari. 2018. Konsepsi Penyelamatan Dana Desa Dari Perbuatan Korupsi. Jurnal. Universitas Gorontalo.
Effendy, Rochmad. 2016. Memperkuat Fungsi Dan Pengawasan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Melalui Advokasi Hak Warga Atas Informasi Publik Untuk Membangun Tata Kelola Pemerintahan Desa. Jurnal. Universitas Merdeka Malang.
Fahri, Lutfhi. 2017. Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Dana Desa Terhadap Manajemen Keuangan Desa Dalam Meningkatkan Efektifitas Program Pembangunan Desa. Jurnal. Universitas Garut.
Farkhan, Muhammad 2008 Implementasi Alokasi Dana Desa Dalam Perencanaan Dan Penganggaran Pembangunan Desa. Tesis. Universitas Brawijaya Malang.
Fathony, Adi. 2011. Pengarun Pendapatan Asli Daerah, Sisa Lebih Perhitungan Anggaran Dan Dana Alokasi Umum Terhadap Perilaku Oportunistik Penyusun Anggaran. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.
Fitriyani, Sadu. 2017. Pengaruh PAD, DAU, Dan SiLPA Pada Perilaku Oportunistik Penyusunan Anggaran. Tesis. Universitas Lampung.
Gumaidi, Aan. 2016. Determinan Perilaku Oportunistik Penyusunan Anggaran. Jurnal. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Halim dan Abdullah. 2006. Hubungan dan Masalah Keagenan Di Pemerintah Daerah. Jurnal Akuntansi Pemerintahan. Vol. 2 No. 1: 53-64.
Satriajaya, Handajani, dan Putra. 2017. Polisemi Dan Ambiguitas Dalam Pengakuan Pendapatan Desa. Jurnal Akuntansi Multiparadigma. Universitas Mataram.
Satriajaya, Johan. 2017. Studi Fenomenologi-Hermeneutika: Disfunctional Behavior Dalam Pengelolaan Keuangan Desa Di Kabupaten Sumbawa. Tesis. Universitas Mataram.
Shulthoni. 2017. Perilaku Oportunistik Legislatif Dalam Penganggaran Daerah. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomi Bisnis. Universitas Jember.
Subroto, Agus. 2009. Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa. Tesis. Universitas Diponegoro Semarang.
Sucahya, Yahya. 2010. Peluang Perilaku Oportunistik Penyusun Anggaran Perubahan Pada Pemerintah Kabupaten Sintang. Jurnal. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Tanjungpura.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta: Bandung.
Suhairi. 2016. Analisis Pendapatan Desa Terhadap Belanja Desa Pada Desa Kepayang Kecamatan Kepenuhan Hulu. Skripsi. Universitas Pengairan Rokan Hulu.
Sutrawati, Kadek. 2016. Peran Perangkat Desa Dalam Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa. Skripsi. Universitas Halu Oleo.
Triani dan Handayani. 2017. Praktik Pengelolaan Keuangan Dana Desa. Jurnal Akuntansi Multiparadigma. Universitas Negeri Surabaya.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.
Walukow, Kalangi, dan Pinatik. 2017. Analisis Perencanaan Pengelolaan Keuangan Desa Sesuai Dengan Permendagri No. 113 Tahun 2014. Jurnal. Universitas Sam Ratulangi.
Wibowo. 2013. Perilaku Oportunistik Dalam Hubungan Kemitraan. Jurnal. Parasetiya Mulya Business School.
Wijayanti dan Hanafi. 2018. Pencegahan Fraud Pada Pemerintahan Desa. Jurnal Akuntansi Multiparadigma. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Yuhertina, Pranoto, dan Priono. 2015. Perilaku Disfungsional Pada Siklus Penganggaran Pemerintah. Jurnal. Universitas Pembangunan Jawa Timur.
Yuliansyah dan Rusmianto. 2016. Akuntansi Desa. Salemba Empat: Jakarta.
Abstract viewed = 104 times
PDF downloaded = 57 times