PENGARUH HARGA SAHAM, UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2018-2020
Main Article Content
Abstract
Nilai perusahaan yang tinggi“merupakan faktor penentu bagi investor untuk berinvestasi atas modalnya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh harga saham, ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage terhadap nilai perusahaan manufaktur terdaftar di BEI tahun 2018-2020. Pengujian regresi linear berganda dilakukan pada 75 perusahaan manufaktur dengan periode observasi tahun 2018-2020. Hasil penelitian menunjukkan hanya leverage yang memengaruhi nilai perusahaan, sedangkan harga saham, ukuran perusahaan dan profitabilitas tidak signifikan mempengaruhi nilai perusahaan. Hasil penelitian ini mengimplikasikan bahwa investor perlu mempertimbangkan kinerja keuangan keuangan dan kinerja pasar dalam membuat keputusan investasi, terutama berkaitan dengan kontribusinya terhadap nilai perusahaan.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut: Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs Jurnal AKURASI ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah). Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal AKURASI berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta. Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.
References
Dini, S., Purba, T. U. C., Rahmadani, F., Nadila, N., & Kurnianti, P. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Sektor Perdagangan, Jasa dan Investasi yang terdaftar di BEI. Owner: Riset dan Jurnal Akuntansi, 4(2), 565-575.
Galingging, A., Aritonang, F. X., & Novita, H. (2020). Pengaruh Likuiditas, Leverage, Aktivitas, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(3), 919-925.
Indriyani, E. (2017). Pengaruh ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Akuntabilitas: Jurnal Ilmu Akuntansi, 10(2), 333-348.
Jayanti, F. D. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, Likuiditas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. JBE (Jurnal Bingkai Ekonomi), 3(2), 34-44.
Mindra, S., & Erawati, T. (2014). Pengaruh Earning Per Share (EPS), Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2009-2011). Jurnal akuntansi, 2(2), 10-22.
Situs Bursa Efek Indonesia http://www.idx.co.id
Suwardika, I. N. A., & Mustanda, I. K. (2017). Pengaruh leverage, ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan properti (Doctoral dissertation, Udayana University).
Winarno, I. M. W. I. M. (2020). Pengaruh Modal Kerja, Penjualan, Utang Dan Aktiva Tetap Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Consumer Goods Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018. Jurnal Akuntansi Bisnis Eka Prasetya: Penelitian Ilmu Akuntansi, 6(2), 159-169.