ANALISIS REAKSI PASAR TERHADAP PENGUMUMAN BISNIS INDONESIA CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY AWARD (BISRA) DAN DAMPAKNYA PADA ABNORMAL RETURN ANTAR SEKTOR INDUSTRI
Main Article Content
Abstract
This research is motivated by the lack of clarity in the literature regarding the influence of CSR awards (BISRA) on abnormal returns, especially in various industrial sectors. This study aims to evaluate the impact of the BISRA award announcement on the abnormal returns of companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) in 2021-2023. An event study approach was used with a sample of 33 companies from 84 BISRA award recipients, selected based on inclusion and exclusion criteria. The Wilcoxon Signed Rank Test and One Sample T-Test were conducted to test changes in abnormal returns before and after the BISRA announcement. The results showed that on most days during the BISRA announcement, there was no significant return, and the impact of the BISRA award announcement on abnormal returns as a whole did not show significant differences in each award recipient industry sector. The implications of this study suggest that factors such as industry sector and market perception play a role in influencing market reactions to CSR awards.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut: Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs Jurnal AKURASI ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah). Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal AKURASI berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta. Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.
References
Bone, R. S., Mulawarman, U., & Legitimasi, T. (2023). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP. Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM), Vol. 8 (3) 2023, 8(3), 1–8.
Fera, Z. (2019). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 27.
Lara, R. (2022). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Volume Perdagangan (Studi Pada Perusahaan Kimia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2019). Sains Akuntansi Dan Keuangan, 1(3), 180–188. https://sak.akademimanajemen.or.id/
Lim, B. G., & Hananto, H. (2021). Pengungkapan Corporate Social Responsbility terhadap Harga Saham Perusahaan. Calyptra, 9(2). https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/4975%0Ahttps://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/download/4975/3571
Lu, J., Liang, M., Zhang, C., Rong, D., Guan, H., Mazeikaite, K., & Streimikis, J. (2021). Penilaian tanggung jawab sosial perusahaan dengan mengatasi tujuan pembangunan berkelanjutan. Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dan Pengelolaan Lingkungan , 28 (2), 686–703. https://doi.org/10.1002/csr.2081
Mahmood, Z., Iqbal, J., Ali, W., & Aamir, M. (2019). Dampak Penghargaan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan terhadap Harga Saham. Jurnal Akuntansi dan Keuangan di Negara Berkembang , 5 (1), 141–154. https://doi.org/10.26710/jafee.v5i1.682
Melinda. (2023). Praktik Akuntansi Berkelanjutan dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan: Analisis Lintas Industri. Inovatif: Journal Of Social Science Research, 3, 10797–10807. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1670/1231/2280
Novitasari, B. T. (2023). Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Energi Di Indonesia Periode 2018-2021. Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen Dan Syariah, 2(2), 152–158. https://doi.org/10.55883/jiemas.v2i2.21
Pratiwi, A., Nurulrahmatia, N., & Muniarty, P. (2020). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di BEI. Owner, 4(1), 95. https://doi.org/10.33395/owner.v4i1.201
Priyo, A. M., & Haryanto. (2022). Analisis Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Laporan Keberlanjutan Berdasarkan Global Reporting Initiative (GRI) Standard. Diponegoro Journal of Accounting, 11(4), 1–15. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting
Ratmono, D., Nugrahini, DE, & Cahyonowati, N. (2021). Pengaruh Corporate Governance Terhadap Pengungkapan dan Kinerja Corporate Social Responsibility. Dalam Jurnal Keuangan Asia, Ekonomi dan Bisnis (Vol. 8, Edisi 2, hlm. 933–941). akademisi.edu. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no2.0933
Renaldo, N., Suhardjo, Putri, IY, Sevendy, T., & Juventia, J. (2021). Penilaian Harga Saham Berbasis Web Pada Perusahaan Sektor Aneka Industri Tahun 2020. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis , 6 (1), ISSN 2527-8223.
Selumbung, N. K. A., & Sanjaya, I. P. S. (2023). The effect of corporate social responsibility disclosure on the company’s financial performance with environmental uncertainty as a moderating variable. Journal of Contemporary Accounting, 4(3), 151–158. https://doi.org/10.20885/jca.vol4.iss3.art2
Zahra, A., Supriyatna, Y., Purnamasari, I., Studi, P., & Akuntansi, P. (2023). Event Study Dampak Covid-19 terhadap Perubahan Harga Saham, Abnormal Return dan Trading Volume Activity. Journal of Finance, Entrepreneurship, and Accounting Education Research, 2(3), 293–304. https://ejournal.upi.edu/index.php/fineteach