TINGKAT UNDERPRICING DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA
DOI:
https://doi.org/10.29303/akurasi.v6i2.406Kata Kunci:
Faktor Keuangan dan Non-keuangan, Initial Public Offering, UnderpricingAbstrak
Penelitian ini menguji korelasi faktor keuangan dan faktor non-keuangan dan pengaruhnya dengan fenomena underpricing pada IPO di Indonesia. Dengan pendekatan kuantitatif, penelitian ini menggunakan data sekunder yang berasal dari prospektus saat IPO. Sampel penelitian sebanyak 107 dari total 272 populasi perusahaan yang melakukan IPO periode 2018-2022. Analisis faktor dan analisis regresi berganda bertindak sebagai metode analisis. Analisis faktor menemukan financial leverage, profitabilitas, reputasi underwriter dan reputasi auditor saling berkorelasi sebagai faktor-faktor yang dapat menentukan tingkat underpricing. Selanjutnya, analisis regresi linier berganda menemukan adanya pengaruh signifikan reputasi auditor terhadap tingkat underpricing, sedangkan pada financial leverage, profitabilitas dan reputasi underwriter tidak ditemukan pengaruh signifikan terhadap tingkat underpricing. Bagi manajer perusahaan maupun investor, studi ini mengimplikasikan auditor bereputasi saat pelaksanaan IPO dapat mengurangi tingkat underpricing yang dialami perusahaan seiring dengan meningkatnya kepercayaan investor.
Unduhan
Referensi
Apriliani, A., Zulpahmi, & Sumardi. (2021). Analisis faktor underpricing saat initial public offering di Bursa Efek Indonesia. Forum Ekonomi, 23(1), 127–132. https://doi.org/10.30872/jfor.v23i1.7848
Arora, N., & Singh, B. (2020). Determinants of oversubscription of SME IPOs in India: evidence from quantile regression. Asia-Pacific Journal of Business Administration, 12(3–4), 349–370. https://doi.org/10.1108/APJBA-05-2020-0160/FULL/PDF
Bandi, N. A., Widarjo, W., & Trinugroho, I. (2020). The lead underwriter reputation and underpricing: study of company’s IPO in Indonesia. International Journal of Economic Policy in Emerging Economies, 13(3), 244. https://doi.org/10.1504/IJEPEE.2020.109051
Fadila, A., & Utami, K. (2020). IPO underpricing di Bursa Efek Indonesia. INOVASI, 16(2), 214–222. DOI: https://doi.org/10.30872/jinv.v16i2.7975
Haniifah, A., & Hartati, N. (2021). Analisis pengaruh proporsi hutang, EPS dan oversubscription terhadap fenomena underpricing. Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA), 4(2), 62–73. https://doi.org/10.15642/manova.v4i2.577
Isynuwardhana, D., & Febryan, F. V. (2022). Factors affecting underpricing level during IPO in Indonesia Stock Exchange 2018 - 2019. The Indonesian Accounting Review, 12(1), 87. https://doi.org/10.14414/TIAR.V12I1.2660
Kennedy, P. S. J., Sitompul, S., & Tobing, S. J. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat underpricing saham pada perusahaan non-keuangan yang melakukan initial public offering di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Journal of Management and Business Review, 18(2), 285–299. https://doi.org/10.34149/jmbr.v18i2.280
Kristanti, F. T., Salim, D. F., Indrasari, A., & Aripin, Z. (2022). A Stock portfolio strategy in the midst of the COVID-19: Case of Indonesia. Journal of Eastern European and Central Asian Research (JEECAR), 9(3), 422–431. https://doi.org/10.15549/JEECAR.V9I3.822
Pradnyadevi, M. A., & Suardikha, I. M. S. (2020). Pengaruh informasi akuntansi dan permintaan investor terhadap underpricing. E-Jurnal Akuntansi, 30(3), 746. https://doi.org/10.24843/EJA.2020.v30.i03.p16
Ramadana, S. W. (2018). Beberapa faktor yang mempengaruhi underpricing saham pada perusahaan yang melakukan initial public offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan, 2(2), 102–108. https://doi.org/10.35130/JRIMK.V2I2.22
Setiawan, D. (2018). Determinan underpricing pada saat penawaran saham perdana. Jurnal Akuntansi dan Pendidikan, 7(2), 111–119. DOI: http://doi.org/10.25273/jap.v7i2.2474
Setya, V. A., Supriani, I., & Fianto, B. A. (2020). Determinants of underpricing in Islamic and non-Islamic shares on IPO. Shirkah: Journal of Economics and Business, 5(1), 70. https://doi.org/10.22515/SHIRKAH.V5I1.276
Sochi, M. H., & Islam, R. (2018). What impacts IPO underpricing? Evidence from Dhaka Stock Exchange. International Journal of Business and Management, 13(3), 88. https://doi.org/10.5539/IJBM.V13N3P88
Solida, A., Luthan, E., & Sofriyeni, N. (2020). Pengaruh pengungkapan intellectual capital, reputasi underwriter, financial leverage, umur dan size perusahaan terhadap underpricing saham IPO di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 4(1), 135–143. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v4i1.113
Utami, E., Illiyyin, N., & Ary Gumanti, T. (2019). Intellectual capital disclosure and the underpricing of Indonesia initial public offerings. Jurnal Akuntansi dan Bisnis, 19(1), 94–103. https://doi.org/10.20961/jab.v19i1.427
Sundarasen, S. D., Khan, A., & Rajangam, N. (2018). Signalling roles of prestigious auditors and underwriters in an emerging IPO market. Global Business Review, 19(1), 69–84. https://doi.org/10.1177/0972150917713367
Suryani, E., Winarningsih, S., Avianti, I., Sofia, P., & Dewi, N. (2023). Does audit firm size and audit tenure influence fraudulent financial statements? Australasian Accounting, Business and Finance Journal 17 (2), 26-37. https://doi.org/10.14453/aabfj.v17i2.03
Syofian, A., Sebrina, N., Fakultas, J. A., Universitas, E., & Padang, N. (2021). Pengaruh reputasi underwriter, reputasi auditor, dan ukuran perusahaan terhadap underpricing perusahaan yang melakukan Initial Public Offering (IPO) di BEI. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 3(1), 137–152. https://doi.org/10.24036/JEA.V3I1.331
Tandelin, E. (2017). Pasar modal Manajemen Protofolio & Investasi (G. Sudibyo, Ed.; 1st ed.). PT Kanisius .
Widarjo, W., & Bandi. (2018). Determinants of intellectual capital disclosure in the IPOs and its impact on underpricing: Evidence from Indonesia. International Journal of Learning and Intellectual Capital, 15(1), 1–19. https://doi.org/10.1504/IJLIC.2018.088346
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan artikelnya di Akurasi: Jurnal Studi Akuntansi dan Keuangan menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis tetap memegang hak cipta atas artikel yang diterbitkan.
- Penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Akurasi: Jurnal Studi Akuntansi dan Keuangan.
- Artikel dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan siapa pun untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan mengadaptasi artikel untuk tujuan apa pun, termasuk komersial, selama mencantumkan kredit yang sesuai kepada penulis dan sumbernya, serta karya turunan harus didistribusikan di bawah lisensi yang sama.
- Semua artikel yang diterbitkan bersifat akses terbuka dan dapat digunakan untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan ilmiah.
Lisensi:
Karya ini dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.




