Determinan Minat Mahasiswa Berinvestasi Pada Pasar Modal
DOI:
https://doi.org/10.29303/akurasi.v4i1.71Kata Kunci:
kebijakan modal minimum, minat investasi, pengetahuan investasi, risiko investasiAbstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa dalam berinvestasi di pasar modal. Sebanyak 100 mahasiswa di Yogyakarta menjadi responden dalam penelitian ini. Hasil penelitian membuktikan bahwa mahasiswa yang mempunyai pengetahuan investasi yang baik, sering mengikuti pelatihan pasar modal, mempunyai motivasi yang tinggi serta mempunyai ekpektasi return yang tinggi dalam berinvestasi cenderung mempunyai minat yang tinggi untuk berinvestasi di pasar modal. Temuan lain menunjukkan bahwa risiko investasi berpengaruh negatif signifikan terhadap minat investasi di pasar modal, meskipun kebijakan modal minimum tidak mempengaruhi minat berinvestasi. Hasil ini mengindikasikan bahwa mahasiswa sebagai salah satu calon investor di pasar modal merupakan investor yang kurang berani mengambil risiko dalam berinvestasi (risk averse), yang disebabkan sebagian besar mahasiswa belum mempunyai penghasilan sebagai sumber dana dalam berinvestasi di pasar modal sehingga mereka cenderung lebih berhati-hati dalam menilai risiko dan dalam melakukan investasi awal.
Unduhan
Referensi
Aini, N., Maslichah, & Junaidi. (2019). Pengaruh Pengetahuan Dan Pemahaman Investasi, Modal Minimum Investasi, Return, Risiko Dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Di Pasar Modal (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Kota Malang). E-JRA, 08(05), 38–52.
Ajzen, I. (1985). From intentions to actions: A theory of planned behavior. In J. Kuhi & J. Beckmann (Eds.), Action-control: From Cognition to Behavior, Heidelberg: Springer, 11-39.
Ardiana, Titin., Eka; Sugianto, La Ode; Chamidah, Siti. (2020). The Influence of Minimum Investment Capital, Risk Perception on Students Investment in Indonesia Capital Market. International Journal of Economics, Business and Accounting (IJEBAR), 4(3), 315-323.
Awn, A., M., & Azam, S. M. F. (2020). Libyan Investors Intention to Invest in Islamic Sukuk: Theory of Planned Behavior Approach. European Journal of Economic and Financial Research, 4(1), 71-90.
Bakhri, S. (2018). Minat Mahasiswa Dalam Investasi Di Pasar Modal. Al Amwal: Jurnal Kajian EKonomi dan Perbankan Syariah, 10(1), 146–157.
Dewi, N. N. S. R. T., Adnantara, K. F., & Gde Herry Sugiarto Asana. (2017). Modal Investasi Awal Dan Persepsi Risiko Dalam Keputusan Berinvestasi, 2(2), 173–190.
Dirgantara, A. (2019). Bagaimana Tren Investasi di Kalangan Mahasiswa? Retrieved October 5, 2020, from https://idxchannel.okezone.com/read/2019/10/02/278/2112040/bagaimana-tren-investasi-di-kalangan-mahasiswa?page=1
Hamid, A., Mardhiah, A., & Midesia, S. (2019). Factors Influencing The Intention To Stock Investment Among Muslim Investors In Langsa. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam, 8(2), 142-161.
Hermawati, N., Rizal, N., & Mudhofar, M. (2018). Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Untuk Berinvestasi Di Pasar Modal (Studi Pada Mahasiswa Prodi Akuntansi STIE Widya Gama Lumajang), Progress Conference, 1(1), 850–860.
Djobo, K., Manoppo, W.S., & Mangindaan, J.V. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan. Productivity. 1(1) : 89-94.
Kurniawan, P., Iwan. (2021). Effect of Expected Return, Self Efficacy, and Perceived Risk on Investment Intention: An Empirical Study on Accounting Master Degree in Udayana University, Bali. Journal of Accounting, Finance and Auditing Studies, 7(11), 40-55.
Listyani, T. T., Rois, M., Prihati, S. (2019). Analisis Pengaruh Pengetahuan Investasi , dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Investas Mahasiswa Di Pasar Modal (Studi Pada PT Phintraco Sekuritas Branch Office Semarang ). Jurnal Aktual Akuntansi Keuangan Bisnis Terapan, 2(1), 49–70.
Nisa, A., & Zulaika, L. (2017). Pengaruh Pemahaman Investasi, Modal Minimal Investasi Dan Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Di Pasar Modal. Jurnal PETA, 2(2), 22–35.
Pajar, R. C., & Pustikaningsih, A. (2017). Pengaruh Motivasi Investasi dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi di Pasar Modal Pada Mahasiswa FE UNY, (2), 1–16.
Saputra, D. (2018). Pengaruh Manfaat , Modal , Motivasi dan Edukasi Terhadap Minat Dalam Berinvestasi di Pasar Modal, 5(2), 178–190.
Sugianto, A., dan Rahman, S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Lampu Shinyoku Di CV Sinar Abadi Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(2), 152–164.
Suryansyah, S. (2016). Analisis Minat Mahasiswa Dalam Berinvestasi Saham Pada Galeri Bursa Efek Indonesia Fakultas Ekonomi Universitas Madura. Jurnal Akuntansi Dan Investasi, 1(1), 77–92.
Tandio, T., & Widanaputra, A. (2016). Pengaruh Pelatihan Pasar Modal, Return, Persepsi Risiko, Gender, Dan Kemajuan Teknologi Pada Minat Investasi Mahasiswa. E-Jurnal Akuntansi, 16(3), 2316–2341.
Trenggana, A. F. M., & Riswan Kuswardhana. (2017). Pengaruh Informasi Produk, Risiko Investasi, Kepuasaan Investor dan Minat Mahasiswa Berinvestasi, I(1), 8–17.
Wibowo, Ari, & Purwohandoko. (2019). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Kebijakan Modal Minimal Investasi, dan Pelatihan Pasar Modal terhadap Minat Investasi (Studi Kasus Mahasiswa FE Unesa yang Terdaftar di Galeri Investasi FE Unesa), 7(1), 192–201.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan artikelnya di Akurasi: Jurnal Studi Akuntansi dan Keuangan menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis tetap memegang hak cipta atas artikel yang diterbitkan.
- Penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Akurasi: Jurnal Studi Akuntansi dan Keuangan.
- Artikel dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan siapa pun untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan mengadaptasi artikel untuk tujuan apa pun, termasuk komersial, selama mencantumkan kredit yang sesuai kepada penulis dan sumbernya, serta karya turunan harus didistribusikan di bawah lisensi yang sama.
- Semua artikel yang diterbitkan bersifat akses terbuka dan dapat digunakan untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan ilmiah.
Lisensi:
Karya ini dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.




